Seakan tak pernah mati, SMAN 1 Garut terus menampilkan siswa-siswa terbaiknya dalam prestasi. Kali ini prestasi yang diraih adalah dalam bidang debat, khususnya debat hukum. Tim A debat SMAN 1 Garut terdiri dari Hilda Zulfa Hayuni, Haliza Nur Rifdah, dan Deden Rafi Syafiq Rabbani, dan tim B yang terdiri dari Elmiraz Takbarani, Ghina Siti Aisyah, dan Teguh Cahya Yudiana. Tim A berhasil menjadi juara 2 Kodema (Kompetisi Debat SMA) tingkat nasional yang diadakan oleh Fakultas Hukum Unpar.

 

Prestasi yang membanggakan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, yakni guru-guru yang mendukung memberikan materi seputar hukum, peran serta alumni, dan latihan serta kerja keras tim debat itu sendiri.

Kodema FH Unpar tahun ini diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Parahyangan. Adapun, piala bergilir Prof. Arief Sidharta yang diperebutkan merupakan bentuk apresiasi FH Unpar terhadap ahli hukum Indonesia, Guru Besar Universitas Prahyangan, Prof. Arief Sidharta. Kodema Unpar tingkat nasional ini diselenggarakan pada tanggal 31 Maret – 02 April 2017 bertempat di Kampus Universitas Parahyangan, Bandung.

Kompetisi debat SMA mempertandingkan tim debat dari berbagai SMA yang ada di Indonesia. Di dalam kompetisi ini terdapat pihak tim pro/government team/affirmative team dan pihak yang kontra/opposition team/negative team terhadap isu-isu terkini yang berkaitan dengan tema “Moralitas Generasi Muda dalam Menghadapi Globalisasi”. Penilaian didasarkan pada isi argumen, kemampuan berargumen dengan baik dan bagaimana tim debat mempertahankan argumen mereka. Adapun tim penilai merupakan tim juri yang independen dari dosen-dosen dan guru besar Fakultas Hukum Universitas Parahyangan dan universitas-universitas lainnya